Translate

Sabtu, 28 Juli 2012

Komunikasi zaman Kuno

          Komunikasi ialah proses interaksi antara seseorang sebagai pengirim pesan (Sender) dan orang lain sebagai penerima pesan (Receiver). Sender dan Receiver merupakan 2 dari 3 unsur komunikasi, sedangkan unsur yang lain adalah pesan atau Information. saat mengirirm pesan atau Informasi kita memerlukan perantara atau media. Jenis media yang digunakan tergantung pada jarak antara penerima dan pengirim dan jenis pesan yang akan disampaikan.
          Pada awalnya manusia berkomunikasi dengan bahasa isyarat, lalu berkembang menjadi bunyi-bunyian sampai terciptanya bahasa atau tulisan. komunikasi jarak jauh misalnya Kentongan, Peluit, asap, lonceng, dll.
         Setelah terciptanya tulisan media yang digunakan pun berubah dan beralih ke benda-benda yang dapat ditulisi seperti kertas papyrus, batu, kulit hewan atau tumbuhan, tanah liat, hingga ditemukannya kertas. Batu-batu, batang pohon, logam atau tanah liat yang ditulisi disebut Prasasti. Contoh Prasasti anatara lain :
  1. Pictograph     => tulisan yang dipahat di tanah liat. Pictograph digunakan oleh bangsa Sumeria pada Zaman dulu.
  2. Hieroglyphic =>  yaitu berupa gambar yang di tulis pada batu atau pada dinding gua, digunakan oleh bangsa Mesir.
  3. Sekitar tahun 1775 SM, bangsa Yunani menggunakan a phonetic alphabet yang berupa lambang suara yang ditulis dari kiri ke kanan.
  4. Sekitar tahun 1400 SM, bangsa China menggunakan tulang untuk menulis pesan
  5. Sekitar tahun 776 SM, manusia menggunakan burung merpati untuk mengirim pesan.
  6. Sekitar tahun 500 SM, manusia mulai menggunakan daun Papyrus (lontar) untuk menulis pesan.
  7. Sekitar tahun 200 SM, dikenal adanya manusia pesuruh, baik dengan berjalan kaki atau naik kuda. Mereka mendirikan pos-pos komunikasi sehingga pesuruh hanya menyampaikan pesan kepada satu pos dan pesan akan dilanjutkan oleh pesuruh lain menuju pos berikutnya sampai kepada penerima pesan yang dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar